Profil Madrasah

 

Sejarah Kelahiran

Madrasah Aliyah Ali Maksum salah satu rintisan KH. Ali Maksum sebagai bentuk pengembangan dari Pondok Pesantren yang sudah ada. Madrasah Aliyah berdiri pada tahun 1962 dengan nama MTs 6 tahun. Seiring dengan perkembangan model Madrasah, maka Mts 6 tahun tersebut membelah menjadi MTs 3 tahun  dan MA 3 tahun.

Tahun 1990, ketika Pesantren mengalami estafet kepemimpinan, Madrasah Aliyah mengalami perubahan nama menjadi Madrasah Aliyah Ali Maksum. Hal itu dilakukan untuk memudahkan manajemen pengelolaan.

 

Latar Belakang

Perkembangan arus teknologi informarmatika saat ini, satu sisi, dapat membantu perkembangan intelektualitas anak bangsa, akan tetapi di sisi lain, dapat menimbulkan problem moralitas. Betapa mudahnya anak bangsa mengakses informasi yang menyesatkan, sekaligus dengan gambar-gambar syur dari dunia maya, belum lagi proses pendangkalan akidah.

Persoalan ini, tidak saja menggelisahkan para orang tua, akan tetapi para guru yang ada di sekolah, sehingga banyak orang tua dihantui rasa kekhawairan jika melepas putra-putrinya berangkat sekolah, apalagi kalau harus di luar daerah.

Dalam kerangka inilah Madrasah Aliyah Ali Maksum, yang berada di tengah-tengah Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta memberikan tawaran menarik, sekaligus pengembangan intelektualitas yang dilandasi dengan nilai-nilai relegius.

 

Visi dan Misi

1. Visi

 

Menjadi Madrasah Unggulan dalam Pengembangan Keilmuan Keislaman dan Kemodernan yang berbasis Pesantren.

 

2. Misi

  • Mampu   mengaplikasikan  diri menjadi Madrasah Aliyah unggul.
  • Mempersiapkan   para alumninya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi melalui UM, PBUCM, PBUD dan lain sebagainya
  • Menyiapkan      siswa     agar mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dijiwai nilai-nilai islam.
  • Mampu mempersiapkan alumninya berkiprah di masyarakat dan mampu menjawab tantangan zaman.
  • Mampu berbahasa asing, Arab, Inggris.

 

Konsep Dasar

  1. Menyalurkan bakat, minat peserta didik
  2. Memberikan pelayanan sesuai dengan ragam kecerdasan peserta didik
  3. Melakukan pembinaan sumber daya manusia unggul

About the Author